Fiqih Wanita Muslimah @fikihmuslimah_

.
🌷"Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu ber-tabarruj seperti orang-orang jahiliyyah pertama.” (QS. Al Ahzab : 33).

424 posts 168,546 followers 2 following

Instagram photos and videos

Merasa malas ? Bacalah doa 📃
.
Disebutkan dari doa tersebut, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berlindung dari tujuh perkara, yaitu:
.
1. Kelemahan
2. Kemalasan
.
Perbedaan antara lemah dan malas adalah, bahwa lemah itu tidak adanya kemampuan, sedangkan malas adalah enggannya jiwa melakukan kebaikan dan kurang terdorong kepadanya padahal mampu melakukannya. Kedua hal ini adalah penyakit yang membuat seseorang duduk dan meninggalkan kewajiban sehingga terbuka baginya pintu-pintu keburukan.
.
3. Sifat pengecut
4. Kebakhilan
.
Nabi shallallahu alaihi wa sallam berlindung dari sifat pengecut dan bakhil karena keduanya dapat menghalangi kewajiban, menghalangi dari memenuhi hak-hak Allah Ta’ala, menghalangi dari mencegah kemungkaran, bersikap tegas kepada para pelaku maksiat, di samping itu dengan seseorang memiliki keberanian dan kekuatan, maka ibadah dapat sempurna, orang yang terzalimi dapat tertolong, jihad dapat dilakukan, sedangkan dengan selamat dari kebakhilan, maka ia dapat memenuhi hak-hak harta, adanya keinginan untuk berinfak, bersikap dermawan, dan berakhlak mulia serta terhalang dari sifat tamak kepada apa yang tidak dimilikinya.
.
5. Pikun
6. Azab kubur
.
7. Fitnah hidup dan mati
.
Fitnah hidup artinya cobaan dan hujian hidup, baik berupa fitnah syahwat dan fitnah syubhat, dimana kedua cobaan ini banyak yang membuat manusia tergelincir, lalai dari kewajibannya dan terbawa oleh arus fitnah yang menggiringnya kepada kebinasaan, maka dalam doa ini, kita berlindung agar kita mampu menghadapi cobaan-cobaan itu dengan tetap bersabar menjalankan ketaatan kepada Allah, bersabar menjauhi maksiat, dan istiqamah di atas agamanya. Ini adalah cara untuk menghadapi fitnah syahwat. Adapun cara untuk menghadapi fitnah syubhat adalah dengan yakin di atas kebenaran dan teguh tidak mudah berubah oleh situasi dan kondisi; berbekal ilmu syar’i.
.
Sedangkan fitnah mati, maka maksudnya ujian ketika di kubur, yaitu pertanyaan yang diajukan oleh malaikat Munkar dan Nakir yang akan menanyakan kepada seseorang tentang siapa Tuhannya, apa agamanya, dan siapa nabinya.
.
https://muslim.or.id/22107-rasulullah-berdoa-mohon-perlindungan-dari-hal-hal-berikut.html
.
Gambar : pxhere.com

3,249  

.
baca caption sampai selesai ya....
🔖 Dari shahabat Umar ibnul Khotthob rodhiyallahu ‘anhu beliau mengatakan: “ Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda:
.
لاَ تَتْرُكُوا النَّارَ فِي بُيُوتِكُمْ حِينَ تَنَامُون
.
“Jangan biarkan api di rumah-rumah kalian (menyala) tatkala kalian sedang tidur.” [ HR. Al-Bukhori no. 6293 & Muslim no.2015-(10) ] Derajat Hadits: Shohih. ➖➖➖➖➖
➡️ Sebab Pelarangan :
Dari shahabat Abu Musa rodhiyallahu ‘anhu beliau mengatakan:
.
”Dahulu di kota Madinah ada sebuah rumah yang terbakar menimpa penghuninya di waktu malam.”
Tatkala kejadian yang menimpa mereka dikabarkan kepada Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam , beliau lantas mengatakan:
.
«إِنَّ هَذِهِ النَّارَ إِنَّمَا هِيَ عَدُوٌّ لَكُمْ، فَإِذَا نِمْتُمْ فَأَطْفِئُوهَا عَنْكُمْ»
.
“Api ini adalah musuh bagi kalian. Jika kalian hendak tidur padamkanlah api itu dari kalian.”
➡️ Dalam hadits terdapat rincian penjelasan bahwa lampu yang berbahaya terbuat dari api.
➡️ Dalam hadits Jabir rodhiyallahu ‘anhu dijelaskan lebih lanjut sisi bahayanya; Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
.
«فَإِنَّ الْفُوَيْسِقَةَ تُضْرِمُ عَلَى أَهْلِ الْبَيْتِ بَيْتَهُمْ»
.
”Karena sesungguhnya tikus-tikus itu bisa menyebabkan rumah terbakar menimpa penghuninya.” .
.
➖➖➖➖➖
🔖 Al-Hafizh Ibnu Hajar rohimahullah menjelaskan;
Adapun "lampu pelita gantung" jika bisa menyebabkan kebakaran maka masuk pada larangan ini.
Jika dirasa aman -sebagaimana yang biasa terjadi-, maka hukumnya tidak mengapa.
📚 [ Fathul Bari (6/356) ]
.
✅ Lampu Listrik Tidak Masuk dalam Larangan:
.
.
➖➖➖➖➖
🎓 Asy-Syaikh Ibnu ‘Utsaimin rohimahullah menjelasakan:
▪️ Di zaman sekarang ini lampu dari api tidak lagi dinyalakan sebagaimana tempo dulu. Hari ini listrik sudah ada, dengannya lampu bisa menyala. .
▪️ Misal saja, ada orang tidur dan lampu dirumahnya masih menyala –biasanya dinamakan dengan “Lampu Begadang”—maka hukumnya tidak mengapa. .
✅ Karena sebab pelarangan Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam yang ada pada api tidak ada pada listrik. .
📚 [ Lihat Syarah Riyadhis Sholihin (6/390) ] .
sumber: channel mutiara nasehat muslimah
Via rizkylukylollasari
.
#fiqihmuslimah #fikihmuslimah #fiqihwanita_

2,437  

.
- .
Wanita haid masih bisa melakukan amalan ibadah, selain amalan yang dilarang dalam syariat, diantaranya;
.
🔹Shalat
Dari Abu Said radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Bukankah bila si wanita haid ia tidak shalat dan tidak pula puasa? Itulah kekurangan agama si wanita.” (Muttafaqun ‘alaih, HR. Bukhari no. 1951 dan Muslim no. 79)
.
🔹Puasa
Sebagaimana disebutkan dalam hadis Abu Said radhiyallahu ‘anhu di atas.
.
🔹Thawaf di ka’bah
Aisyah pernah mengalami haid ketika berhaji. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan panduan kepadanya,
“Lakukanlah segala sesuatu yang dilakukan orang yang berhaji selain dari melakukan thawaf di Ka’bah hingga engkau suci.” (HR. Bukhari no. 305 dan Muslim no. 1211)
.
🔹Menyentuh Mushaf Al Qur'an
Orang yang berhadats (hadats besar atau hadats kecil) tidak boleh menyentuh mushaf seluruhnya ataupun hanya sebagian. Inilah pendapat para ulama empat madzhab. Dalil dari hal ini adalah firman Allah Ta’ala,
“Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan” (QS. Al Waqi’ah: 79)
.
“Tidak boleh menyentuh Al Qur’an kecuali engkau dalam keadaan suci.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadroknya, beliau mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih)
.
🔹I’tikaf
Inilah adalah pendapat mayoritas ulama dari madzhab Maliki, Syafii, dan Hambali. Sementara madzhab Hanafi menyatakan bahwa i’tikaf wanita haid tidak sah, karena mereka mempersyaratkan orang yang I’tikaf harus dalam keadaan puasa di siang harinya. Sementara wanita haid, tidak boleh puasa.
.
🔹Hubungan intim
Allah Ta’ala berfirman,“Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari (hubungan intim dengan) wanita di waktu haid.” (QS. Al Baqarah: 222).
.
Selain enam jenis ibadah di atas, masih banyak amalan ibadah yang bisa dilakukan wanita haid. diantaranya, membaca Al-Quran tanpa menyentuh lembaran mushaf, berdzikir, mendengarkan ceramah, berinfak dan masih banyak amalan lain yang dapat dilakukan .....
.
wallahu a'lam
.
Ust. Ammi Nur Baits
.
sumber: Konsultasisyariah.com

#fiqihmuslimah #fikihmuslimah

3,179  

TIPS DAPAT RESTU DARI ORANGTUA

1. Yang pertama libatkan ALLAH disetiap waktu, agar kemudahan dan jalan terbaik menyertai kita

2. Kita harus lebih yakin terlebih dahulu pada pilihan kita, bahwa pilihan yang kita adalah pilihan yang tepat dan baik untuk dunia akhirat kita. Agar orangtua lihat, kita bersungguh-sungguh dengan pilihan kita. Karena orangtua cenderung khawatir dengan masadepan kita. Makanya kita harus (make sure) sama diri sendiri terlebih dahulu. Agar kelak ketika kita digoncang cobaan bersama pasangan, kita kuat untuk mempertahankan alias gak gegabah mengambil keputusan

3. Yakinkan kedua orangtua dengan tindakan dan sikap yang baik. Jangan sampai ngotot dan memaksa dengan perkataan yang kasar. Maksudnya, jangan bernada keras memaksa ataupun sampai marah. Perlahan, jelaskan baik-baik.. bahwa ikhwan yang kita pilih baik agama dan akhlaknya. Dan in syaa ALLAH orang yang kita pilih bisa membimbing kita hingga ke surga

4. Perbanyak doa diwaktu yang mustajab, agar hati orangtua kita diperlembut untuk menerima pilhan kita. Agar ALLAH berikan jalan terbaik dalam setiap pilihan yang kita pilih

5. Jika orangtua memilihkan calon lain dan pilihan tersebut lebih baik ilmu agama dan akhlaknya, serta mampu membahagiakan kita. Maka sudah seharusnya kita membuka mata, bahwa pilihan orangtua jauh lebih baik untuk dunia dan akhirat kita

6. Sih calon yang benaran serius dengan bekal yang kuat bisa membahagiakan dan membimbing kita. In syaa ALLAH bisa membuat kedua orangtua ikhlas melepaskan anaknya. Biasanya ikhwan seperti ini in syaa ALLAH gak bakalan gagal ketika melamar. Why? karna dia punya bekal ilmu agama, akhlak yang baik, dan janji masadepan yang kuat bisa membahagiakan anaknya. (Sih calon juga harus punya bekal yg kuat untuk meyakinkan. Ilmu dan akhlak bisa jadi point utama orangtua) Makanya sih calon harus bisa meyakinkan orangtua bahwa dia bersungguh-sungguh ingin menghalalkan kita dan benar-benar akan bertanggung jawab. Wallahu'alam ©catatanputri_
#fiqihmuslimah
#fikihmuslimah

2,510  

Adalah sunah dari pada merawat bagian tubuh, namun jika merubah ciptaan adalah Haram hukum nya❗️👋🏻
.
.
Kalau muslimah hanya boleh berhias untuk suami/mahrom nya saja dan Haram untuk nya bertabarruj ketika keluar rumah, lalu bagaimana jika wanita berhias mempercantik dirinya di hadapan semua orang yang memandangnya bahkan sampai merubah ciptaan Allah? Maka wajar jika Allah bisa sampai melaknat nya.
“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah yang dahulu …” - (QS. Al-Ahzaab :33)
.
.
Di dalam islam, kita di anjurkan untuk merawat tubuh kita, itu adalah pahala, misal seperti kita merawat rambut kita dengan shampo, vitamin, memasang behel (untuk merapihkan gigi yang kurang rapih),memberi serum2 terbaik itu boleh, namun perbuatan mengubah ciptaan Allah ini yang di larang!
Tapi sayang, banyak dari kaum hawa yang tak mengindahkan peringatan ini, mereka ingin tampil cantik sehingga melanggar hukum-hukum Allah, padahal tampil natural di hadapan manusia itu lebih baik dari pada Allah murka.
.
.
Semua yang di larang Allah, pasti ada efeknya. Jangan heran kalau tiap sambung rambut/bulu mata, rambut yang aslinya pasti rontok/menipis, jangankan menyambung, mereka yang membuka jasa2 kecantikan seperti di atas juga mendapat dosa nya dari tiap orang yang memakai jasanya. Ingat, jangan main-main hukuman Allah itu berat ❗️
“Siapa yang mempelopori satu kebiasaan yang buruk dalam islam, maka dia mendapatkan dosa keburukan itu, dan dosa setiap orang yang melakukan keburukan itu karena ulahnya, tanpa dikurangi sedikitpun dosa mereka.” (HR. Muslim).
.
.
Kalau mau cantik, sah2 saja tapi masalahnya Allah ridho ga sama kita? Sesungguhnya Allah tidak melihat rupa/fisik kita melainkan hati dan amal kita. Semua yang dari Allah, berarti sudah yang terbaik buat kita, fisik sempurna ataupun tidak, ini semua adalah ujian dari Allah, hendaklah kita banyak bersyukur. Laknat Allah dtg dari merubah yang sekiranya nggak begitu extreme, ntah bagaimana nasib wanita yang sampai melakukan operasi kecil maupun besar wallahu’alam semoga Allah selalu menjaga kita dan pintu taubat selalu terbuka untuk kita. آمِّينَ
.
.
#fikihmuslimah

6,246  

Batasan Aurat Wanita

Allah ta’ala berfirman:

وَقُل لِّلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ .
“Katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka” (QS. An Nur: 31). Allah ta’ala juga berfirman:

يَآأَيُّهَا النَّبِيُّ قُل لأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَآءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِن جَلاَبِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَن يُعْرَفْنَ فَلاَ يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللهُ غَفُورًا رَّحِيمًا
. “Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. Al Ahzab: 59)

Allah ta’ala juga berfirman:

وَلاَ يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَايُخْفِينَ مِن زِينَتِهِن
.
َّ “dan janganlah mereka memukulkan kaki mereka agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan.” (QS. An Nur: 31)

baca selengkapnya https://muslimah.or.id/6422-saudariku-kaki-juga-aurat-yang-wajib-ditutup.html

Yuk pakai kaos kakinya❤
#aurat
#fiqihmuslimah #fikihmuslimah #fiqihwanita_

2,028  

Jika ada seorang wanita hubungan intim dengan suaminya (berarti dalam keadaan junub), lalu belum sempat mandi junub, lantas datang haidh, apakah mandi junubnya ditunda sampai haidhnya selesai ataukah langsung mandi untuk tujuan mandi junub?
.
Tetap ketika itu ia diperintahkan mandi junub, walau masih tersisa haidhnya.
.
Ibnu Qudamah Al-Maqdisi dalam Al-Mughni (1: 134) menyatakan, “Jika wanita tersebut mandi junub di masa haidhnya, mandinya sah dan hilanglah keadaan junub pada dirinya. Demikianlah pendapat dari Imam Ahmad. Beliau menyatakan, junubnya hilang. Namun haidhnya hilang kalau darahnya sudah berhenti.
.
Imam Ahmad berkata bahwa tidak ada ulama yang melarang untuk mandi junub kecuali ‘Atha’. Namun ada riwayat dari ‘Atha’ yang memerintahkan untuk mandi junub.”
.
Tata cara mandi junub tadi sama seperti tata cara mandi wajib lainnya. Mandi tersebut diawali dengan wudhu, lalu mengguyur kepala dengan air dan dilanjutkan dengan menyiram anggota tubuh lainnya.
.
Kesimpulannya, wanita yang sehabis hubungan intim lalu haidh, maka ia diperintahkan mandi junub lebih dahulu. Nantinya kalau suci dari haidh, barulah mandi haidh lagi.
.
Wallahu a’lam bish-shawwab. Wallahu waliyyut taufiq was sadaad.
.
Artikel :
https://rumaysho.com/13425-setelah-hubungan-intim-datang-haidh.html
.
@ikhwan.daily
.
#sunnah #engineer #anakteknik #cintasunnah #cintarosul #salaf #salafushalih #salafi #aswaja
#fiqihwanita_ #wanita #fiqihwanita #muslimah #akhwat #haid #datangbulan #junub #mandijunub #mandiwajib #pasutri #suamiistri #nikah #akadnikah
@fiqihwanita_ @fikihmuslimah_ @rumayshocom

1,786  

[ TERUNTUK WANITA MUSLIMAH ]

Wanita adalah makhluk terindah yang diciptakan Allah, keindahannya mengalahkan semua pernak-pernik dunia yang indah

Dari begitu indahnya, sampai-sampai diibaratkan dengan segala sesuatu yang terindah didunia

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda
Dunia adalah perhiasan, dan sebaik baik perhiasan adalah wanita shalihah

HR. Muslim no 1467

Wanita diibaratkan dengan bunga mawar, karena mawar adalah ratu dari segala bunga. Ia mempunyai benteng pertahanan yang sangat kuat, duri-duri yang mrlindungi keindahannya membuat orang yang ingin menyentuh ataupun mengambilnya harus berhati-hati

Begitu pula dengan wanita, ia harus menjadi sosok yang tegas dalam menjaga diri, agar keindahan yang ia miliki tetap terjaga sempurna

Wanita juga diibaratkan dengan sebuah mutiara yang ada didalam cangkang kerang. Karena keindahan mutiara tersembunyi didalam cangkang kerang yang keras, dan untuk mendapatkannya orang-orang harus berjuang dengan menyelam kedasar laut

Ia pun harusnya demikian, agar keindahan yang ia miliki tetap terjaga dengan baik dan anggun, ia harus tegas pada prinsip sebagai wanita muslimah

Jadilah seorang muslimah yang keindahannya susah didapatkan, namun membawa keberuntungan bagi seorang laki-laki yang memilikinya

Dan untuk menjadi sosok tangguh seperti itu, tentunya ia harus tegas pada diri sendiri dan tegas pada aturan yang telah Allah tetapkan kepada kita sebagai wanita muslimah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Umar ibnul Khaththab radhiallahu ‘anhu

Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri salihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan menaatinya, dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya

HR. Abu Dawud no. 1417

Jazakumullahu khayran
Artikel
http://humairoh.com/jadilah-seorang-muslimah-yang-susah-didapatkan-tapi-beruntung-jika-dimiliki/ ©yezerkiarfatihzarlis
#muslim #muslimah #kajianyuk #kajiansunnah #kajianislam #kajian #yezerkiarfatihzarlis #dakwah #salaf #quran #sunnah #hijrah #islam#fiqihmuslimah #fiqihwanita_

5,356  

HIJAB TERBAIK WANITA ADALAH RUMAH
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
.
Hijab terbaik bagi wanita muslimah adalah rumah, karena dengan tinggal di rumah maka aurat lebih tertutup dari pandangan laki-laki yang bukan suami atau mahram. .
👉Allah 'azza wa jalla berfirman,

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الأولَى
. “Dan hendaklah kalian wahai para wanita tetap di rumahmu. Dan janganlah berhias dan bertingkah laku seperti wanita-wanita Jahiliyah dahulu.” [Al-Ahzab: 33] .
👉Al-Imam Al-Mufassir As-Sa’di rahimahullah berkata, “Firman Allah ta’ala, 'Dan hendaklah kalian wahai para wanita tetap di rumahmu.' Maknanya: Tinggallah di dalam rumah karena itu lebih menyelamatkan dan menjaga kalian.

Dan firman Allah ta’ala, 'Dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti wanita-wanita Jahiliyah yang dahulu.' Maknanya: Wahai para wanita, janganlah kalian sering keluar rumah dengan mempercantik diri atau mengenakan wewangian seperti kebiasaan wanita-wanita Jahiliyah dahulu yang tidak punya ilmu dan ketakwaan.

Maka semua larangan ini demi mencegah kejelekan dan sebab-sebabnya.” [Tafsir As-Sa’di, hal. 663] ,👉Asy-Syaikh Ibnul ‘Utsaimin rahimahullah berkata, “Janganlah kita tertipu dengan ajakan orang-orang yang jelek dan rusak dari kalangan pengikut orang-orang kafir, yaitu ajakan untuk campur baur antara laki-laki dan wanita.” [Syarhu Riyadhis Shaalihin, 3/152]

Oleh karena itu yang tinggal serumah hendaklah hanya orang-orang yang memiliki hubungan mahram. Walau keluarga tapi tidak punya hubungan mahram maka janganlah tinggal serumah, seperti ipar, sepupu dan lain-lain.

Kecuali apabila terpaksa di rumah ada yang bukan mahram, maka harus ada batas-batas yang tegas antara ruangan untuk keluarga yang memiliki hubungan mahram dan ruangan untuk yang tidak punya hubungan mahram, baik keluarga, pembantu, supir dan lain-lain.

Sumber sofyanruray.info
🎨amie.ummubara
#fikihmuslimah #fiqihmuslimah #fiqihwanita_

5,737  

Makna yataghanna:
.
Imam Nawawi mengatakan, “Makna hadis menurut Imam Syafi’i, ulama madzhab syafi’iyah, dan banyak ulama dari berbagai bidang ilmu, maknanya adalah memperbagus suaranya terhadap Alquran.” (Syarh Shahih Muslim, 6:78)
.
Kemudian makna tambahan: “Mengeraskannya”
.
Al-Khithobi mengatakan,
“Sebagian ulama beranggapan bahwa ‘mengeraskannya’ adalah tafsir untuk sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ‘yataghanna’.” (Aunul Ma’bud, 4:241)
.
Keterangan di atas menunjukkan bahwa tidak boleh membaca Alquran di hati, tanpa ada gerakan bibir. Keterangan yang sama juga disampaikan oleh Imam Ibnu Baz. Dalam fatwanya, beliau menjelaskan,
.
“Berdzikir itu harus menggerakan lisan dan harus bersuara, minimal didengar oleh diri sendiri. Orang yang membaca di dalam hati (dalam bahasa arab) tidak dikatakan Qaari (membaca Alquran). Orang yang membaca tidak dapat dikatakan sedang berdzikir atau sedang membaca Al Quran kecuali dengan lisan. Minimal didengar dirinya sendiri. Kecuali jika ia bisu, maka ini ditoleransi.” (Kaset Nurun ‘alad Darb, http://www.ibnbaz.org.sa/mat/10456)
.
Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah juga pernah ditanya hal serupa, beliau menjawab, “Qira’ah itu harus dengan lisan. Jika seseorang membaca bacaan-bacaan shalat dengan hati saja, ini tidak dibolehkan. Demikian juga bacaan-bacaan yang lain, tidak boleh hanya dengan hati. Namun harus menggerakan lisan dan bibirnya, barulah disebut sebagai aqwal (perkataan). Dan tidak dapat dikatakan aqwal, jika tanpa lisan dan bergeraknya bibir.” (Majmu’ Fatawa Ibnu ‘Utsaimin, 13:156).
.
Allahu a’lam
.
🌐konsultasisyariah.com .
#ikhwantegal #bacaquran #fiqihwanita_

8,140  

.
🚨memasuki Februari semua-semua dibumbui promo hari kasih sayang / valentine's day / hari valentin, parahnya kebanyakan pemuda pemudi muslim ikut2an dalam perayaan ini,, astaghfirullah.
________________________
📝Valentine’s Day berasal dari upacara keagamaan Romawi Kuno yang penuh dengan paganisme dan kesyirikan dan akhirnya dirubah menjadi hari perayaan gereja dengan nama Saint Valentine’s Day atas inisiatif Paus Gelasius I. Jadi acara valentine menjadi ritual agama Nashrani yang dirubah peringatannya menjadi tanggal 14 Februari, bertepatan dengan matinya St. Valentine.Hari valentine juga merupakan hari penghormatan kepada tokoh nashrani yang dianggap sebagai pejuang dan pembela cinta.
.
🍀Jelas banget, hari valentine bukanlah perayaan muslim. Perayaan atau hari besar kaum muslimin hanyalah dua, tidak ada yang lainnya. Anas radhiyallahu ‘anhu berkata,“Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam datang ke Madinah, penduduk Madinah memiliki dua hari raya untuk bersenang-senang dan bermain-main di masa jahiliyah. Maka beliau berkata, “Aku datang kepada kalian dan kalian mempunyai dua hari raya di masa Jahiliyah yang kalian isi dengan bermain-main. Allah telah mengganti keduanya dengan yang lebih baik bagi kalian, yaitu hari raya Idul Fithri dan Idul Adha (hari Nahr)” (HR. An Nasai no. 1556 dan Ahmad 3: 178, sanadnya shahih sesuai syarat Bukhari-Muslim).
.
Kita pun dilarang tasyabbuh (menyerupai) non muslim. Dari Ibnu ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.” (HR. Ahmad 2: 50 dan Abu Daud no. 4031)
.
“Bukan termasuk golongan kami siapa saja yang menyerupai selain kami” (HR. Tirmidzi no. 2695)
____________________
💐Jadi, ngausahlah ya,, ngikutin perayaan yang nggak ada ajarannya di agama kita ...nggausah ngerayain valentine's day...
dan jangan lupa nasehati teman, saudara / kerabat yang mungkin masih ada yg merayakan hari valentine!
*sesama muslim harus saling mengingatkan dalam kebaikan kan yaa...
.
ust. Muhammad Abduh Tuasikal
sumber: rumaysho.
Via rizkylukylollasari
.
#fiqihmuslimah #fiqihwanita_

2,970  

Suamiku izinkan aku menjadi wanita karir, aku ingin mendapatkan gaji besar, aku ingin membantumu dalam memenuhi kebutuhan hidup kita..
.
Tapi tenanglah suamiku bukan aku meminta agar engkau mengizinkan ku bisa bekerja di luar rumah atau diperusahaan besar, melainkan izinkanlah aku yang mengurus segala keperluanmu dan anak-anak, izinkan aku berbakti padamu. Ya, hanya aku..
.
Agar aku bisa mendapatkan gaji besar dari Rabb ku berupa pahala dan keridhoanNya, biar saja aku berlelah-lelah dirumah mengurus mu dan buah hati kita aku percaya keikhlasanku menjalankan semuanya tak mungkin Allah tidak akan menggaji ku, bukankah wanita yang berbakti pada suaminya, menjalankan shalat dan puasa akan Allah izinkan masuk syurga dari pintu mana saja, dan adakah balasan yang lebih indah dari keindahan syurgaNya? Tidak ada.
.
Maka dari itu izinkanlah aku menjadi wanita karir, yang berkarir tak hanya untuk kehidupan didunia saja tapi diakhirat juga..
.
Suamiku izinkan pula aku menjadi wanita yang mempunyai jabatan hebat, jabatan sebagai fasilitator terbaik membantu mu mewujudkan baiti jannati, membantu mendidik anak-anak kita menjadi mujahid dan mujahidah yang tak takut untuk membela agamanya..
.
Izinkan aku menjadi wanita karir inilah "pekerjaan" yang ku idam-idamkan, membantumu dalam segala kebaikan, menjadi penyemangatmu dalam berdakwah, menjadi wanita yang terdepan membantu bangkit ketika dunia menjatuhkanmu..
.
Kelak aku ingin bangun pagi bukan karena aku akan berangkat kerja, namun aku ingin bangun pagi karena aku akan mempersiapkan segala kebutuhanmu dalam mencari nafkah.
.
Aku ingin menunggumu pulang bekerja, bukan kita yang sama-sama pulang setalah seharian bekerja.
.
Aku ingin lelah, lelah karena lillah, bukan karena ingin uang berlimpah.
.
Aku ingin menjadi wanita karir yang bisa membuatku menjadi istri shalihah, sebab bagiku bekerja sebagai "istri shalihah" itulah sebaik-baiknya karir untuk wanita..
.
Maka izinkanlah aku menjadi wanita karir dalam kehidupan kita, sampai tiba masanya engkau yang menjadikanku sebagai ratu bidadarimu disyurga, InsyaaAllah...
.
📝 perempuanbiasa.id || #citrarara
#fiqihmuslimah #fiqihwanita_

3,430